Pages

8.21.2010

Bunga dari perca (From scrap to flowers)

Pernah ga punya kain kain sisa kaya gini? sayang banget kalo dibuang gitu aja


Have you ever have this much scrap? I don't have the heart to just throw them into garbage bin


Dengan banyaknya blog tutorial cara bikin bunga dari kain sisa, saya tertantang untuk bikin juga

With all those 'how to make fabric flowers from scraps blogs', I was challenged to make one

Pertama ambil kain sisa, saya ambil yang paling besar terlebih dahulu

First, grab your scrap. I choose the biggest first. 
Lalu lipat hingga sudutnya saling bertemu seperti ini

Now fold until all of the edges meet, just as shown on the picture
Potong seperti bentuk hati

Cut into heart shape
Begini bentuknya setelah lipatannya dibuka

Here's how its looked after you unfold it


Sekarang lakukan hal yang sama pada sisa
 kain yang lebih kecil, saya gunting dengan bentuk seperti gambar

Now do the same to the smaller scrap , I shaped it in a different way

Potong semua bahan sisa sampai habis, lalu bakar ujungnya

Cut all the scraps. And then burn the edge

Susun satu persatu dari kelopak yang paling besar sampai yang paling kecil, tahan dengan jarum pentul

Arrange one by one all of the petals from the biggest to the smallest, hold them with pin
Lipat menjadi dua, jahit bagian belakangnya

Fold them, and then stitch the back side
Lipat lagi ke arah yang berlawan lalu jahit

Fold again to the opposite direction, then stitch
Begini setelah dijahit belakangnya

Here's how its look after you stitch the back
Setelah itu ambil mutiara imitasi untuk menghias pusat bunga

Now go get a faux pearl to embelish the center
Saya berniat untuk bikin bando untuk keponakan, menggunakan bunga tadi

I intend to make headbands for my niece

Lalu saya mengambil karet kurang lebih sepanjang 40cm, lalu jahit ke bunga. Saya lalu memotong kain velt untuk menutupi jahitannya, tempelkan dengan menggunakan lem tembak

Then I grab a rubber band about 40cm long, then attach it to the flowers. I also cut felt to cover the stitch, attached it using hot glue


 Saya hanya punya dia untuk jadi model bando saya :))

I only had her to be my model, oh well :))

Oh ya, maaf saya hanya memberi tahu cara bikin bando menggunakan karet yang sudah jadi, karena bandana dari bahan kaos seperti yang dipakai beruang pada foto pertama gagal, tapi saya akan coba lagi lain waktu, dan saya harap akan berhasil, kalau iya, baru saya bikin tutorial cara bikin bando menggunakan bahan karet. Ok, selamat berkarya.

Oh, I am sorry for only showing you how to make headband using the rubber band, because the one that the bear wore on the first picture was totally failed, but I'll try to remake it someday, I wish it will be succes. And if they do, I'll post the tute here. Allrighty then, happy crafting.

xoxo

8 comments:

Unknown said...

kereen.. :)

popi said...

bagus neeh!! praktekin ah buat bondu baby perempuanku!!

role playing mom said...

hehe, makasih sist .. asiknya punya anak perempuan bisa di"macem-macemin" :))

morning_star:) said...

wow...that's wonderfull
kayaknya barang bekas apapun kalo dah di tangan mbak kayaknya bisa jadi penghasilan smua....
patut dicoba in i

role playing mom said...

Waduuuh, thank you for the compliment *idung kembang kempiss ..., thanks for stopping by

role playing mom said...

sama-sama sista,silahkan

topblogindonesia.com said...

wow kreatif banget...
be creative blogger..
keep on writing!

role playing mom said...

hihiii,, thank you for cheering me up.. iya pengennya, tp kebetulan lg sibuk di offlinenya, jadi belum sempet blogging lagi :(